Selasa, 27 Januari 2009

Shopping Meditasi

Apakah Anda sudah mengenal meditasi? Apakah Anda sudah berlatih meditasi secara rutin?

Sebagian besar umat Buddha yang telah mengenal Dhamma, tentu telah mengetahui bahwa meditasi adalah salah satu latihan yang perlu dikembangkan dalam kehidupan ini. Banyak umat Buddha yang telah mengetahui dan memiliki pengetahuan yang luas tentang meditasi. Terlebih di zaman modern ini, ketika dunia semakin datar, pengetahuan tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber.

Yang sangat disayangkan adalah terbatasnya jumlah umat Buddha yang berlatih meditasi setiap hari, tekun dan selalu bersemangat dalam berlatih. Jarang umat Buddha yang memiliki hobi bermeditasi.

Dalam sebuah diskusi terbatas dengan seorang bhikkhu senior, telah melewati 20 vassa, diberikan perumpamaan membeli pakaian. Pertama, kita harus mencari pakaian tersebut di toko pakaian, factory outlet, pusat perbelanjaan, departemen store, atau tempat-tempat lainnya. Di tempat tersebut kita bisa memilih berbagai jenis pakaian. Kita bisa mencobanya. Kalau tidak cocok, kita tidak perlu membelinya. Hingga akhirnya, kita bertemu dengan pakaian yang cocok, membeli pakaian tersebut, dan memakainya.

Proses tersebut juga berlangsung dalam bermeditasi. Pertama, shopping meditasi. Demikian banyak teknik meditasi yang sudah ada. Setiap teknik mempunyai tujuan tertentu. Setiap guru mempunyai cara dan keunggullan tertentu. Tidak ada salahnya jika Anda mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh organisasi A atau organisasi B. Tidak ada salahnya jika belajar dengan guru X atau guru Y. Seperti keluar masuk toko pakaian atau pusat perbelanjaan; tidak ada yang salah.

Dari sekian lama berkelana, shopping meditasi, saatnya Aada untuk menentukan pilihan. Pakaian mana yang rasanya cocok dengan diri Anda. Teknik mana yang kira-kira berkenan di hati, terasa cocok, mudah dilakukan, atau memberikan manfaat sesuai dengan harapan Anda. Tentukan pilihan.

Pakaian yang telah dibeli, harus dipergunakan; tidak menjadi pajangan atau hanya memenuhi lemari pakaian Anda. Meditasi yang sudah dipilih, harus dilatih dalam kehidupan sehari-hari; tidak hanya menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Pengetahuan tentang meditasi memang perlu namun tidak memberikan banyak manfaat kalau tidak disertai dengan latihan.

Jika hari ini Anda masih shopping, tidak ada yang salah. Kalau sudah bertemu teknik yang sesuai, jangan lupa untuk berlatih, berlatih, dan berlatih.

Selamat memilih.
Selamat berlatih.

Tidak ada komentar: